Jurnal 5
PEMBUATAN SIMULASI PERGERAKAN OBJEK 3D
(TIGA DIMENSI) MENGGUNAKAN OPENGL
Permasalahan :
Bagaimana membuat grafik tiga dimensi dari suatu objek yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.
Tujuan Penelitian :
- Merancang pemodelan objek 3D (tiga dimensi) menggunakan OpenGL.
- Membuat simulasi objek 3D (tiga dimensi) menggunakan OpenGL.
Metode penelitian :
1. Bahan dan Peralatan
Dalam mengerjakan tugas akhir ini mulai dari mendesain sampai tahap pemrograman, software visualisasi ini membutuhkan spesifikasi hardware dan software tertentu untuk bisa berjalan optimal. Meskipun OpenGL didukung oleh berbagai platform hardware dan software, dalam implementasi kali ini penulis menggunakan perlengkapan hardware dan software sebagai berikut :
Spesifikasi Hardware :
1. Mainboard ASUS P5KPL SE Intel Platform
2. Processor Intel® Core™ 2 Duo E7400 @ 2.80 GHz
3. VGA NVIDIA GeForce 9500GT 512MB
4. RAM DDR2 2GB
5. Harddisk 1TB HDD
Spesifikasi Software :
1. Sistem operasi Windows 7 Ultimate SP1 32bit
2. Driver OpenGL versi 3.7.6
3. Microsoft Visual Studio 2018 sebagai media compile C++
2. Perancangan Sistem
Secara umum proses untuk menghasilkan visualisasi dan animasi tiga dimensi (3D) dari suatu kasus simulasi adalah dengan cara membangun model-model objek 3D di sebuah software 3D authoring, menganimasikan menggunakan metode Keyframe atau Motion Capture sesuai data atau parameter simulasi yang ada, me-render menjadi gambar atau video.
![]() |
Gambar diatas menunjukkan proses menganimasikan dan render dalam metode ini memakan waktu cukup panjang bisa beberapa menit, jam atau bahkan hari. Hal ini tidak bisa diterima jika diperlukan pengambilan keputusan secara cepat saat data atau parameter sudah tersedia. Gambar berikutnya menunjukkan sistem yang dibuat dengan menghilangkan animasi manual serta proses rendering yang memakan waktu dengan memanfaatkan teknologi real time rendering.
3. Instalasi Driver OpenGL
Terlebih dahulu download
file-file library OpenGL yang terdapat pada situs resminya di : http://www.opengl.org/resources/libraries/glut/glut_downloads.php
Untuk sistem operasi Windows, library ini terdiri dari 3 files yaitu :
1. glut.h
2. glut32.lib
3. glut32.dll
Dan berikut ini cara
instalasinya :
1. Salin file glut.h di dalam
folder C:\Program
Files\Microsoft Visual Studio
9.0\VC\include\GL
2. Salin file glut32.lib di dalam
folder C:\Program
Files\Microsoft Visual Studio
9.0\VC\lib
3. Salin file glut32.dll di dalam
folder
C:\Windows\System32
Kesimpulan :
OpenGL merupakan status mesin
dalam proses rendering dan atribut-atribut diubah melalui pemanggilan prosedur.
Didesain untuk mengakomodasikan teknik rendering grafis tingkat lanjut, seperti
texture mapping, anti-aliasing, transparasi, pencahayaan dan transformasi objek
3D.