Jurnal 1 dan 2





MEDIA PEMBELAJARAN MATERI

KURVA BERBASIS MULTIMEDIA




Permasalahan :

Grafika Komputer pada materi Kurva dirasa sulit oleh mahasiswa terutama pada langkah-langkah penyelesain perhitungan dan penggambaran bentuk kurva. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran Grafika Komputer khususnya pada materi Kurva agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.

 

Tujuan Penelitian :

dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Grafika Komputer.

 

Metode penelitian :

 

1. Metode Pengumpulan Data

 

1.1 Metode Literatur

Metode ini digunakan dengan cara membaca buku-buku literature/referensi yang berkaitan dengan Grafika Komputer serta mempelajari laporan-laporan dan buku-buku lain yang berkaitan dengan penelitian.

 

1.2 Pengumpulan Data dari Internet/Browsing

Metode ini dilakukan dengan cara mencari data dan informasi berupa teks, gambar dan source code program yang berkaitan dengan penelitian menggunakan jaringan internet.

 

1.3 Metode Wawancara

Merupakan Metode yang dilakukan dengan cara tanya jawab langsung kepada mahasiswa yang pernah atau sedang mengambil mata kuliah Grafika Komputer. Metode ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diperoleh tentang materi Kurva pada mata kuliah Grafika Komputer benar-benar sesuai dengan fakta yang ada.

 

1.4 Observasi

Merupakan metode pengamatan secara langsung terhadap cara pembelajaran Grafika Komputer yang ada saat ini di Universitas Ahmad Dahlan. Selain melakukan pengamatan juga melakukan pencatatan dokumen yang terkaitan dengan subyek penelitian.

 

2. Analisis Kebutuhan User

Kebutuhan mahasiswa atau peserta didik adalah adanya sistem yang bisa mendukung mahasiswa atau peserta didik memahami materi Matrik transformasi. Hal ini dapat terpenuhi bila sistem yang dibangun memenuhi unsur-unsur yang mereka perlukan. Sistem yang lengkap, menarik dan user friendly adalah faktor yang sangat diperlukan bagi mahasiswa atau peserta didik sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan SAP (Satuan Acara Perkuliahan).

 

3. Analisis Kebutuhan Sistem

Untuk memenuhi kebutuhan user aplikasi multimedia ini memiliki beberapa fasilitas menu yaitu materi, latihan dan evaluasi. Materi yang diberikan dilengkapi dengan animasi. Simulasi tentang penggambaran Kurva. Latihan yang berisi studi kasus di mana terdapat pengulangan dalam mengisi jawaban apabila salah hingga tiga kali akan muncul pembahasan. Evaluasi untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tentang materi Kurva.

 

3.1 Perancangan Sistem

Perancangan sistem didefinisikan sebagai penganalisa rancangan sistem untuk menyusun sistem pembelajaran kurva berbasis multimedia.

 

Kesimpulan :

Telah dibuat aplikasi program bantu pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar mengenai mata kuliah Grafika Komputer khususnya materi Kurva. Aplikasi pembelajaran menggunakan komputer berbasis multimedia ini merupakan program aplikasi yang dapat digunakan sebagai pegangan belajar mata kuliah Grafika Komputer, khususnya materi Kurva untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Teknologi Sumbawa.






MEDIA PEMBELAJARAN MATERI

VISIBLE SURFACE DETERMINATION



 

Permasalahan :

Materi ini membahas tentang titik –titik koordinat suatu bangun yang sukar untuk dibayangkan. Selain itu, sistem pembelajaran yang diterapkan juga bersifat klasikal menyebabkan pemahaman mahasiswa terkadang masih kurang.

 

Tujuan Penelitian :

Dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi

 

Metode penelitian :

 

1. Metode Pengumpulan Data

 

1.1 Metode Studi Pustaka

Metode ini dimaksudkan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam menganalisis kenyataan yang ada pada obyek penelitian, yaitu dengan cara mengumpulkan, mempelajari dan memahami buku-buku referensi serta laporan tugas akhir yang berhubungan dengan penelitian ini.Data-data yang diperoleh dari metode ini, yaitu referensi mengenai kajian hasil penelitian terdahulu mengenai visualisasi alat indera manusia berbasis multimedia dan geometri optik lensa berbasis multimedia yang menjadi acuan dalam penelitian ini dan referensi mengenai teori yang berkaitan dengan topik penelitian yang akan dilakukan.

 

1.2 Metode Penelusuran Internet

Metode ini dimaksudkan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan melalui media internet untuk menambah referensi.Data-data yang diperoleh dari metode ini, yaitu referensi mengenai teori yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan dan download beberapa program pembelajaran diagonalisasi matrik yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan untuk dijadikan sebagai bahan acuan.

 

1.3 Metode Interview/Wawancara

Metode pengumpulan data dengan cara wawancara secara langsung dengan dosen pengampu mata kuliah grafika komputer, yaitu Nawassyarif, S.Kom.,M.Pd. dan semua mahasiswa wajib mengambil mata kuliah.

 

2. Analisis Kebutuhan

Tahap analisis merupakan tahap yang sangat penting, karena sedikit saja terjadi kesalahan pada tahap ini akan menyebabkan kesalahan pada tahap penelitian selanjutnya. Tahap analisis ini untuk menentukan kebutuhan aplikasi serta bagaimana aplikasi tersebut dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

3. Metode Perancangan Sistem

Tahap perancangan sistem merupakan kelanjutan dari analisis kebutuhan system sehingga data yang akan dibuat dapat disusun dengan mudah, benar dan tepat pada sasaran yang telah ditetapkan sebelum menyusun suatu sistem. Langkah yang harus dilakukan adalah membuat perancangan sistem terhadap permasalahan yang dibahas dengan harapan agar pembuatan aplikasi tidak meluas dari pokok permasalahan.

 

Kesimpulan :

Aplikasi program bantu pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar mengenai mata kuliah Grafika Komputer khususnya materi VISIBLE SURFACE DETERMINATION.


Perbandingan Jurnal :

Perbandingan kedua jurnal diatas, untuk metode dalam mencari data informasi, mungkin agak dibilang mirip, tapi untuk tujuannya sama yaitu untuk mahasiswa agar bisa memahami materi, dan menurut saya yang membedakan yaitu tema jurnal karena tergantung dari MK yang tertera.

 

Diberdayakan oleh Blogger.