Jurnal 1 dan 2
MEDIA PEMBELAJARAN MATERI
KURVA BERBASIS MULTIMEDIA
Permasalahan :
Grafika Komputer pada materi
Kurva dirasa sulit oleh mahasiswa terutama pada langkah-langkah penyelesain
perhitungan dan penggambaran bentuk kurva. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan
alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa
yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran Grafika
Komputer khususnya pada materi Kurva agar dapat digunakan mahasiswa sebagai
sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.
Tujuan Penelitian :
dapat membantu proses
pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai
alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Grafika Komputer.
Metode penelitian :
1. Metode Pengumpulan Data
1.1 Metode Literatur
Metode ini digunakan dengan cara
membaca buku-buku literature/referensi yang berkaitan dengan Grafika Komputer
serta mempelajari laporan-laporan dan buku-buku lain yang berkaitan dengan
penelitian.
1.2 Pengumpulan Data dari
Internet/Browsing
Metode ini dilakukan dengan cara
mencari data dan informasi berupa teks, gambar dan source code program yang
berkaitan dengan penelitian menggunakan jaringan internet.
1.3 Metode Wawancara
Merupakan Metode yang dilakukan
dengan cara tanya jawab langsung kepada mahasiswa yang pernah atau sedang
mengambil mata kuliah Grafika Komputer. Metode ini dilakukan untuk memastikan
bahwa data yang diperoleh tentang materi Kurva pada mata kuliah Grafika
Komputer benar-benar sesuai dengan fakta yang ada.
1.4 Observasi
Merupakan metode pengamatan
secara langsung terhadap cara pembelajaran Grafika Komputer yang ada saat ini
di Universitas Ahmad Dahlan. Selain melakukan pengamatan juga melakukan
pencatatan dokumen yang terkaitan dengan subyek penelitian.
2. Analisis Kebutuhan User
Kebutuhan mahasiswa atau peserta
didik adalah adanya sistem yang bisa mendukung mahasiswa atau peserta didik
memahami materi Matrik transformasi. Hal ini dapat terpenuhi bila sistem yang
dibangun memenuhi unsur-unsur yang mereka perlukan. Sistem yang lengkap,
menarik dan user friendly adalah faktor yang sangat diperlukan bagi mahasiswa
atau peserta didik sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan SAP (Satuan
Acara Perkuliahan).
3. Analisis Kebutuhan Sistem
Untuk memenuhi kebutuhan user
aplikasi multimedia ini memiliki beberapa fasilitas menu yaitu materi, latihan
dan evaluasi. Materi yang diberikan dilengkapi dengan animasi. Simulasi tentang
penggambaran Kurva. Latihan yang berisi studi kasus di mana terdapat
pengulangan dalam mengisi jawaban apabila salah hingga tiga kali akan muncul
pembahasan. Evaluasi untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tentang materi Kurva.
3.1 Perancangan Sistem
Perancangan sistem didefinisikan
sebagai penganalisa rancangan sistem untuk menyusun sistem pembelajaran kurva
berbasis multimedia.
Kesimpulan :
Telah dibuat aplikasi program bantu pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar mengenai mata kuliah Grafika Komputer khususnya materi Kurva. Aplikasi pembelajaran menggunakan komputer berbasis multimedia ini merupakan program aplikasi yang dapat digunakan sebagai pegangan belajar mata kuliah Grafika Komputer, khususnya materi Kurva untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Teknologi Sumbawa.
MEDIA PEMBELAJARAN MATERI
VISIBLE SURFACE DETERMINATION
Permasalahan :
Materi ini membahas tentang titik
–titik koordinat suatu bangun yang sukar untuk dibayangkan. Selain itu, sistem
pembelajaran yang diterapkan juga bersifat klasikal menyebabkan pemahaman
mahasiswa terkadang masih kurang.
Tujuan Penelitian :
Dapat membantu proses
pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi
Metode penelitian :
1. Metode Pengumpulan Data
1.1 Metode Studi Pustaka
Metode ini dimaksudkan untuk mendapatkan
data-data yang diperlukan dalam menganalisis kenyataan yang ada pada obyek penelitian,
yaitu dengan cara mengumpulkan, mempelajari dan memahami buku-buku referensi
serta laporan tugas akhir yang berhubungan dengan penelitian ini.Data-data yang
diperoleh dari metode ini, yaitu referensi mengenai kajian hasil penelitian
terdahulu mengenai visualisasi alat indera manusia berbasis multimedia dan
geometri optik lensa berbasis multimedia yang menjadi acuan dalam penelitian
ini dan referensi mengenai teori yang berkaitan dengan topik penelitian yang
akan dilakukan.
1.2 Metode Penelusuran Internet
Metode ini dimaksudkan untuk
mendapatkan data-data yang diperlukan melalui media internet untuk menambah
referensi.Data-data yang diperoleh dari metode ini, yaitu referensi mengenai
teori yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan dan download
beberapa program pembelajaran diagonalisasi matrik yang berkaitan dengan
penelitian yang akan dilakukan untuk dijadikan sebagai bahan acuan.
1.3 Metode Interview/Wawancara
Metode pengumpulan data dengan
cara wawancara secara langsung dengan dosen pengampu mata kuliah grafika komputer,
yaitu Nawassyarif, S.Kom.,M.Pd. dan semua mahasiswa wajib mengambil mata kuliah.
2. Analisis Kebutuhan
Tahap analisis merupakan tahap
yang sangat penting, karena sedikit saja terjadi kesalahan pada tahap ini akan
menyebabkan kesalahan pada tahap penelitian selanjutnya. Tahap analisis ini
untuk menentukan kebutuhan aplikasi serta bagaimana aplikasi tersebut dapat bekerja
sesuai dengan apa yang diharapkan.
3. Metode Perancangan Sistem
Tahap perancangan sistem
merupakan kelanjutan dari analisis kebutuhan system sehingga data yang akan
dibuat dapat disusun dengan mudah, benar dan tepat pada sasaran yang telah
ditetapkan sebelum menyusun suatu sistem. Langkah yang harus dilakukan adalah
membuat perancangan sistem terhadap permasalahan yang dibahas dengan harapan
agar pembuatan aplikasi tidak meluas dari pokok permasalahan.
Kesimpulan :
Aplikasi program bantu pembelajaran
yang interaktif sebagai sarana belajar mengenai mata kuliah Grafika Komputer
khususnya materi VISIBLE SURFACE DETERMINATION.
Perbandingan Jurnal :
Perbandingan kedua jurnal diatas, untuk metode dalam mencari data informasi, mungkin agak dibilang mirip, tapi untuk tujuannya sama yaitu untuk mahasiswa agar bisa memahami materi, dan menurut saya yang membedakan yaitu tema jurnal karena tergantung dari MK yang tertera.